ANALISIS MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA SECARA DARING DAN LURING

Authors

  • SF Irwandita Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • W Isnaeni Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

aktivitas belajar, motivasi belajar, pembelajaran daring, pembelajaran luring

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterlaksanaan proses pembelajaran daring dan luring, menganalisis motivasi dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran daring dan luring. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4, 5, dan 6 SMA Negeri 12 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi terkait aktivitas dan proses pembelajaran daring dan luring, angket/kuesioner motivasi belajar siswa, wawancara, serta dokumentasi. Dari hasil penelitian dan hasil analisis data, diperoleh data sebagai berikut yaitu rata-rata keterlaksanaan proses pembelajaran daring dan luring yaitu 80,25% dan 94,44%, data aktivitas belajar siswa pada pembelajaran daring dan luring yaitu 80% dan 90,74%, dan data tingkat motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring dan luring adalah 78,05% dan 69,35%. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tingkat keterlaksanaan proses pembelajaran daring dan luring termasuk baik dan sangat baik, tingkat keterlaksanaan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran daring dan luring termasuk aktif dan sangat aktif, dan tingkat motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring dan luring termasuk tinggi.

Additional Files

Published

2022-11-28

Issue

Section

Pembelajaran Biologi