PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ARGUMENT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Authors

  • Herawati Herawati Jurusan Tadris Biologi, Iain Syekh Nurjati Cirebon
  • Y Maryuningsih Jurusan Tadris Biologi, Iain Syekh Nurjati Cirebon
  • A Juanda Jurusan Tadris Biologi, Iain Syekh Nurjati Cirebon

Keywords:

Argument mapping, guided discovery learning, keterampilan berpikir kreatif

Abstract

Tantangan pembelajaran abad ke-21 yang harus dihadapi oleh siswa untuk mampu bersaing dimasa yang akan mendatang menjadi latarbelakang penelitian ini. Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan yang harus dimilki oleh siswa pada pembelajaran abad 21. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif yaitu model guided discovery learning berbantuan argument mapping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan rata-rata N-gain kelas eksperimen dan kontrol sebesar 63.26 dan 20.57 Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif yang signifikan antara siswa yang menggunakan model g uided discovery learning berbantuan argument mapping dengan siswa yang tidak menggunakan pada pembelajaran materi sistem ekskresi.

Additional Files

Published

2022-11-28

Issue

Section

Pembelajaran Biologi