PENGEMBANGAN E-LKS SISTEM PERNAPASAN MANUSIA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA SMA

Authors

  • DM Ramadani Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • S Alimah Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

E-LKS, Problem Based Learning, pemecahan masalah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan E-LKS SistemPernapasan Manusia berbasis model Problem Based Learning (E-LKS SPM-PBL) untuk siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development. Uji coba skala kecil dilakukan di SMA N 1 Bringin pada kelas XI MIPA 4 tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah berjumlah 15 orang siswa yang dipilih sebagai sampel. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kelayakan E-LKS SPMPBL oleh ahli materi sebesar 88,09% (sangat layak), kelayakan E-LKS SPM- PBL oleh ahli media sebesar 90,00 (sangat layak), tanggapan guru terhadap E-LKS SPM –PBL sebesar 95,83% (sangat baik), dan hasil tanggapan siswa terhadap ELKS SPM-PBL sebesar 81,11% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKS Sistem Pernapasan Manusia berbasis Model Problem Based Learning layak digunakan dan berpotensi meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan dapat dilakukan uji coba secara empirik pada skala yang lebih besar.

Additional Files

Published

2022-11-28

Issue

Section

Pembelajaran Biologi