PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH, KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK MATERI SISTEM EKSKRESI

Authors

  • S Khomsatun Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • E Rudyatmi Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

komunikasi, pemecahan masalah, Problem Based Learning

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah, keterampilan komunikasi dan kemampuan kognitif peserta didik kelas XI MA Al Asror belum optimal. Model pembelajaran yang tepat diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh penerapan Problem Based Learning terhadap keterampilan pemecahan masalah, keterampilan komunikasi dan kemampuan kognitif peserta didik kelas XI MA Al Asror materi sistem ekskresi. Penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs dengan rancangan One-Shot Case Study. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA MA Al Asror. Sampel ditentukan secara sampling purposive. Sampel merupakan 37 peserta didik yang tinggal di pesantren. Keterampilan pemecahan masalah ditentukan berdasarkan metode non tes menggunakan instrumen lembar kerja peserta didik. Keterampilan komunikasi ditentukan berdasarkan metode non tes menggunakan instrumen lembar pengamatan presentasi. Kemampuan kognitif ditentukan berdasarkan metode tes menggunakan instrumen soal pilihan ganda 5 options. Data dianalisis menggunakan uji t satu sampel. Hasil thitung keterampilan pemecahan masalah>ttabel (12,46>1,69), 97,29% peserta didik terampil memecahkan masalah. Hasil thitung keterampilan komunikasi>ttabel (14,65>1,69), 100% peserta didik terampil berkomunikasi. Hasil thitung kemampuan kognitif>ttabel (11,70>1,69), 97,29% peserta didik mampu memahami materi sistem ekskresi. Artinya penerapan model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap keterampilan pemecahan masalah, keterampilan komunikasi dan kemampuan kognitif peserta didik kelas XI MA Al Asror materi sistem ekskresi.

Additional Files

Published

2022-11-28

Issue

Section

Pembelajaran Biologi