IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM UPAYA MENANAMKAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA SMA DI KABUPATEN BREBES

Authors

  • Rafita Puji Astuti Prodi Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Jl. Raya Sekaran,Gunungpati, Semarang 50229
  • Sigit Saptono Prodi Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Jl. Raya Sekaran,Gunungpati, Semarang 50229
  • Priyantini Widiyaningrum Prodi Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Jl. Raya Sekaran,Gunungpati, Semarang 50229

Keywords:

program adiwiyata, kepedulian lingkungan, pendidikan lingkungan, sekolah menengah atas, berkelanjutan

Abstract

Degradasi lingkungan yang semakin mengkhawatirkan akibat aktivitas manusia mendorong pentingnya pendidikan dalam menanamkan kepedulian lingkungan sejak dini. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki peran penting dalam membentuk karakter peduli lingkungan. Salah satu upaya strategis adalah Program Adiwiyata yang diluncurkan pemerintah Indonesia untuk menciptakan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Program ini mencakup kebijakan sekolah, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan partisipatif, serta pengelolaan sarana prasarana yang ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Adiwiyata dan menganalisis dampaknya terhadap hasil belajar serta sikap kepedulian lingkungan siswa di SMA Negeri Kabupaten Brebes. Penelitian menggunakan mixed methods dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan angket. Data kualitatif dianalisis dengan model Miles dan Huberman, sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif. Jumlah responden dalam pengisian angket dan tes sebanyak 210 siswa dari tiga sekolah, yaitu SMA Negeri 1 Larangan, SMA Negeri 1 Tanjung, dan SMA Negeri 1 Kersana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program Adiwiyata telah berjalan dengan baik di ketiga sekolah. Program ini berhasil mendorong siswa untuk aktif menjaga lingkungan melalui berbagai kegiatan seperti bank sampah, taman kelas, dan kurikulum tematik. Hasil angket menunjukkan tingkat kepedulian lingkungan siswa tergolong tinggi dari ketiga sekolah yaitu 81,37% dan hasil tes kognitif menunjukkan 80% siswa tuntas. Program Adiwiyata terbukti memberi kontribusi positif terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan dan menciptakan budaya sekolah yang mendukung pembangunan berkelanjutan.

Downloads

Published

2025-10-20

Issue

Section

Articles