IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA : PERAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS RISET DI MTSN 6 JAKARTA TIMUR
Keywords:
Implementasi, Kurukulum Merdeka, Pembelajaran BiologiAbstract
Implementasi kurikulum madrasah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bisa dilihat dari penggunaan peran teknologi dalam pembelajaran berbasis riset di MTsN 6 Jakarta Timur. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui : (1) Bagaimana peran teknologi dalam pembelajaran Biologi berbasis riset di MTsN 6 Jakarta Timur pada kurikulum merdeka, (2) Bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran biologi berbasis riset di MTsN 6 Jakarta Timur pada kurikulum merdeka, (3) Bagaimana evaluasi peran teknologi dalam meningkatkan pembelajaran berbasis riset di MTsN 6 Jakarta Timur pada kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di MTsN 6 Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian adalah peserta didik kelas IX, pelatih KIR, waka kurikulum, dan guru. Data dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu : (1) Peran teknologi dalam pembelajaran biologiĀ berbasis riset untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 6 Jakarta Timur, sebagai media pembelajaran yang menarik menggunakan teknologi pada kurikulum merdeka. (2) Strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran biologi meningkatkan inovasi bagi guru dan peserta didik di MTsN 6 Jakarta Timur pada kurikulum merdeka. (3) Evaluasi yang dilakukan dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 6 Jakarta Timur secara berkelanjutan dalam implementasi kurikulum merdeka.