EFEKTIFITAS MODEL PBL TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN
Keywords:
literasi sains, PBL-STEM, sistem imunAbstract
Literasi sains merupakan keterampilan penting abad ke-21 yang perlu ditingkatkan untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global. Sistem imun adalah topik yang kompleks dan memerlukan pendekatan inovatif agar lebih mudah dipahami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Problem-Based Learning (PBL) terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam meningkatkan literasi sains siswa, karena metode konvensional kurang efektif untuk materi kompleks. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain pretest-posttest pada 96 siswa kelas XI SMAN 2 Kebumen. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest untuk mengukur literasi sains serta angket untuk mengevaluasi tanggapan siswa. Hasil menunjukkan bahwa model PBL-STEM efektif meningkatkan literasi sains siswa dengan rata-rata N-gain 0,47 (kategori sedang), dimana 85% siswa mencapai ketuntasan klasikal dan 83% memberikan tanggapan positif. Penerapan model ini dapat meningkatkan pemahaman terhadap konsep ilmiah yang kompleks dan berpotensi diterapkan secara luas di sekolah menengah, sehingga mempersiapkan siswa untuk tantangan masa depan.