PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA PRAKTIKUM GENETIKA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA TADRIS BIOLOGI

Authors

  • Ajeng Mudaningrat Prodi IPA, FMIPA, Universitas Negeri Semarang Jl. Raya Sekaran,Gunungpati, Semarang 50229
  • Fadhilatul Mufrihah Prodi IPA, FMIPA, Universitas Negeri Semarang Jl. Raya Sekaran,Gunungpati, Semarang 50229

Keywords:

model flipped classroom, keaktifan, hasil belajar kognitif

Abstract

Genetika merupakan topik yang dianggap sulit oleh mahasiswa tadris Biologi dikarenakan konsep yang abstrak, sulit dipahami dan mengandung banyak istilah asing yang sulit dimengerti menyebabkan hasil belajar mahasiswa menjadi rendah dan kekatifan mahasiswa dalam mengikuti praktikum genetika menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif mahasiswa Tadris Biologi di IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada Praktikum Genetika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis perhitungan statistik. Desain penelitian yang dipakai oleh peneliti yaitu quasi experiment/eksperimen semu yaitu rancangan pretest posttest. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada praktikum genetika, hal ini dikarenakan rata-rata nilai keaktifan pada kelas eksperimen yang meningkat dengan didominasi oleh rentang presentase 85-100% keterangan sangat baik dengan frekuensi sebanyak 46 mahasiswa dan kelas control didominasi oleh rentang presentase 55-69% dengan frekuensi terbanyak 29 mahasiswa keterangan keaktifan cukup. Adapun hasil analisis data hasil belajar kognitif mahasiswa normal dan homogen serta hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh signifikan model flipped classroom terhadap hasil belajar kognitif yang signifikan terhadap praktikum genetika sebelum dan sesudah perlakuan diterapkan sehingga dapat disimpulkan pengaruh model flipped classroom untuk praktikum genetika pada mahasiswa biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar secara signifikan.

Downloads

Published

2025-10-20

Issue

Section

Articles