PENGUATAN KOMPETENSI GURU-GURU BIOLOGI INDONESIA DI THAILAND TENTANG PEMANFAATAN LINGKUNGAN BERORIENTASI KONSERVASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Authors

  • Sigit Saptono Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Andin Irsadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Ibnul Mubarok Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Dewi Mustikaningtyas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Prasetyo Listiaji Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

kompetensi, guru biologi, sumber belajar, konservasi, lingkungan.

Abstract

Upaya memelihara, melakukan konservasi, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah untuk dijadikan sumber ajar merupakan strategi alternatif untuk meningkatkan kualitas proses belajar Biologi. Guru akan bertambah kemampuan inovasi dan kreativitasnya dalam mengembangkan proses pembelajaran dan siswa lebih tertarik jika proses belajar Biologi bersentuhan dengan objek belajarnya di lingkungan terdekat. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan menambah wawasan serta penguatan bagi para guru Biologi Indonesia yang mengajar di Thailand dalam upaya meningkatkan kualitas proses belajar bagi siswanya. Pemanfaatan dan perawatan lingkungan sekolah yang dijadikan sumber belajar dapat memberikan kontribusi: (1) guru memahami manfaat lingkungan sekitar sekolah yang dapat dijadikan sebagai sumber ajar, (2) meningkatnya kualitas proses belajar siswa dengan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber ajar, (3) guru dapat menyiapkan rencana sumber belajar biologi di lingkungan sekitar sekolah. Metode kegiatan meliputi 4 (empat) tahapan, yaitu informasi dan penguatan kompetensi, pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber ajar, monitoring-evaluasi. Teknik kegiatan dilakukan melalui pendampingan.

Downloads

Published

2024-10-26

Issue

Section

Articles