ANALISIS BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA

Authors

  • Fitrah Herninda

Keywords:

Analisis, Bahan Ajar, Pembelajaran Biologi

Abstract

Kurikulum merupakan salah satu acuan dalam penentuan kemana arah tujuan pendidikan akan dicapai. Pada abad 21 terdapat keterbaruan kurikulum disebut kurikulum merdeka belajar. Kurikulum merdeka belajar adalah sebuah tawaran merubah sistem pendidikan guna mendorong kemajuan dalam bidang pendidikan sesuai perkembangan zaman sekarang ini. Implementasi kurikulum merdeka bertujuan memberikan perubahan terhadap pandangan belajar, siswa lebih berperan aktif dan guru harus memiliki kompetensi dalam mengemas materi pembelajaran dalam bentuk bahan ajar. Pentingnya bahan ajar agar memudahkan guru dan siswa untuk mencapai tujuan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan siswa terhadap bahan ajar dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket analisis kebutuhan yang disajikan pada platform google form. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis hasil angket kebutuhan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata analisis angket 88,3% siswa membutuhkan E-LKPD sebagai bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran biologi dan 93,7% siswa setuju jika E-LKPD yang dikembangkan berbasis SSCS sebagai alternatif bahan ajar penunjang pembelajaran biologi.

Downloads

Published

2024-10-26

Issue

Section

Articles