PENGEMBANGAN CHATBOT LAYANAN DAN INFORMASI LABORATORIUM FISIOLOGI TUMBUHAN FMIPA UNNES BERBASIS TELEGRAM
Keywords:
Chatbot, Layanan dan informasi Laboratorium, Pengembangan, TelegramAbstract
Laboratorium merupakan tempat untuk melakukan kegiatan akademik berupa praktikum, penelitian dan pelatihan, serta dapat diberdayakan untuk melakukan aktivitas penunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Laboratorium Fisiologi Tumbuhan FMIPA UNNES terus berupaya untuk memberi pelayanan yang terbaik. Permasalahan yang diungkapkan penelitian ini adalah belum tersedianya sistem informasi dan layanan laboratorium fisiologi tumbuhan secara online. Informasi dan layanan laboratorium sudah tersedia namun pengguna harus datang ke laboratorium apabila hendak mendapatkan informasi dan layanan laboratorium. hal ini tentu saja tidak sesuai dengan prinsip kecepatan dan kemudahan layanan laboratorium. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah yang pertama perlunya menyusun informasi Laboratorium Fisiologi Tumbuhan secara sistematis, lengkap dan terbaru. Yang kedua merancang sistem informasi dan layanan laboratorium Fisiologi Tumbuhan yang dapat diakses dengan mudah dan cepat. Pada penelitian ini diusulkan sebuah solusi dengan mengembangkan Chatbot informasi dan layanan laboratorium berbasis telegram. Metode pengembangan yang digunakan untuk membangun perangkat lunak Chatbot menggunakan model waterfall. Pengembangan dimulai dengan, analisis kebutuhan, perancangan, implementasi (pemrograman), pengujian, dan perbaikan aplikasi. Hasil dari penelitian ini, berupa rancangan Chatbot berbasis Telegram. Chatbot menyediakan berbagai informasi dan layanan laboratorium sebanyak delapan kategori perintah atau menu sebagai prototype awal. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, perintah masing-masing kategori informasi dan layanan dapat berjalan dengan baik dan memberikan respon sesuai yang diharapkan. Chatbot dapat digunakan sebagai media informasi dan layanan laboratorium Fisiologi Tumbuhan FMIPA UNNES yang dapat diakses oleh pengguna dengan mudah dan cepat.