PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 AMPEL, BOYOLALI MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Authors

  • Eka Saputri Prodi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Susanti Susanti Prodi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Discovery learning, hasi belajar, keanekaragaman hayati

Abstract

Discovery Learning merupakan suatu metode pembelajaran yang membantu siswa memahami struktur atau gagasan pokok suatu disiplin ilmu, perlunya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, dan keyakinan bahwa pembelajaran sejati datang melalui penemuan pribadi. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental design dengan rancangan One Shot Case Study. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ampel, Boyolali. Pengambilan sampel menggunakan systematic sampling diperoleh 3 kelas yaitu X 1, X 3, dan X 7. Data yang diambil berupa hasil belajar pada ranah kognitif, psikomotor, dan afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif > 90% siswa memperoleh nilai ≥ 70 dengan ketuntasan klasikal yaitu untuk hasil belajar pada ranah kognitif, psikomotor, dan afektif yaitu 85 dengan kriteria sangat berpengaruh. Hasil belajar psikomotor > 80% dengan kriteria terampil, kemudian untuk hasil belajar afektif yaitu angket kerjasama memperoleh presentase 85% dengan kriteria sangat baik, kemudian untuk angket respon siswa memperoleh kriteria 80% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi keanekaragaman hayati dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2024-11-25

Issue

Section

Articles