IDENTIFIKASI MATERI SULIT DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI: HASIL ANGKET GURU PPG DALJAB BIOLOGI 2024

Authors

  • Atip Nurwahyunani Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia, Semarang
  • Wiwi Isnaeni Universitas Negeri Semarang, Kampus UNNES Sekaran, Gunungpati Semarang 50229, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Siti Alimah Universitas Negeri Semarang, Kampus UNNES Sekaran, Gunungpati Semarang 50229, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Aditya Marianti Universitas Negeri Semarang, Kampus UNNES Sekaran, Gunungpati Semarang 50229, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Keywords:

biologi, guru, kesulitan pembelajaran, PPG Daljab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kesulitan guru Biologi dalam mengajarkan materi pelajaran kepada siswa. Subjek penelitian terdiri atas 25 guru Biologi peserta PPG Daljab 2024 di LPTK UPGRIS dengan masa kerja beragam: 0–5 tahun (16%), 6–10 tahun (20%), 11–15 tahun (44%), dan >15 tahun (24%). Instrumen penelitian berupa angket Google Form yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi yang dianggap mudah diajarkan antara lain keanekaragaman hayati (84%), ekosistem (72%), sistem pencernaan (60%), sistem reproduksi (56%), serta pertumbuhan dan perkembangan (52%). Sebaliknya, materi yang dianggap sulit meliputi metabolisme (68%), substansi genetika dan hereditas (64%), mutasi (60%), sistem saraf (56%), serta sistem hormon (48%). Kendala yang dialami guru mencakup keterbatasan media pembelajaran, istilah ilmiah yang sulit dipahami siswa, serta rendahnya motivasi belajar. Ketuntasan belajar siswa pada materi sulit rata-rata hanya mencapai 50–70%, bahkan beberapa guru melaporkan di bawah 50%. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan tersebut meliputi remedial teaching, pengayaan, penggunaan media interaktif, serta penerapan model Problem-Based Learning (PBL) dan Project-Based Learning (PjBL). Temuan ini menegaskan perlunya strategi pembelajaran inovatif dalam mendukung pembelajaran Biologi, khususnya pada materi abstrak.

Downloads

Published

2025-10-20

Issue

Section

Articles