INTEGRASI ETNO-SDGs DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI: VALIDASI INSTRUMEN LITERASI LINGKUNGAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

Authors

  • Tisrin Maulina Dewi Prodi S3 Pendidikan IPA, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Woro Sumarni Prodi S2 Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Saiful Ridlo Prodi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Aditya Marianti Prodi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Etno-SDGs, Literasi Lingkungan, Model Rasch, Pembelajaran Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan konsep etno-SDGs dalam pembelajaran biologi serta melakukan validasi instrumen literasi lingkungan guna mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Latar belakang penelitian berangkat dari urgensi pendidikan biologi dalam memperkuat literasi lingkungan melalui pendekatan kontekstual berbasis kearifan lokal. Metode penelitian menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang dikembangkan terdiri atas 40 butir soal uraian. Validitas isi diuji melalui expert judgement dengan analisis Aiken’s V, sedangkan uji validitas dan reliabilitas dilakukan menggunakan model Rasch melalui aplikasi WINSTEPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan memiliki validitas dan reliabilitas yang sangat baik, dengan person reliability 0,98, item reliability 0,97, serta Cronbach’s Alpha 0,96. Analisis Rasch juga menunjukkan 35 butir soal valid (fit) dan 5 butir misfit. Hasil ini menegaskan bahwa instrumen literasi lingkungan yang diintegrasikan dengan etno-SDGs layak digunakan untuk mengukur kompetensi mahasiswa secara holistik, mencakup aspek kognitif, afektif, dan behavior. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan instrumen evaluasi dalam pendidikan biologi, khususnya dalam menyiapkan generasi yang memiliki kesadaran ekologis, sikap peduli, dan perilaku berkelanjutan sesuai dengan agenda pembangunan berkelanjutan.

Downloads

Published

2025-10-20

Issue

Section

Articles