ATLAS HISTOLOGI BERBASIS JARINGAN DASAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA

Authors

  • L Lisdiana Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • A Rahmawati Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik, kevalidan, keterterapan, dan keefektifan Atlas Histologi Berbasis Jaringan Dasar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Sugiyono. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri Gondangrejo, dengan 30 siswa pada uji coba produk skala terbatas dan 35 siswa pada uji coba pemakaian. Metode pengumpulan data berupa angket validasi media dan materi, angket tanggapan guru dan siswa, angket motivasi belajar, dan tes berjumlah 20 soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Atlas Histologi Berbasis Jaringan Dasar yang dikembangkan mempunyai karakteristik yang dapat dilihat dari setiap komponen atlas dan tampilan yang sistematis serta full color, memperoleh persentase rata-rata 92,2% dengan kriteria sangat valid, tanggapan guru sebesar 95% dan siswa sebesar 100% dengan kategori dapat diterapkan, motivasi belajar sebesar 82,8% dengan kategori termotivasi dan sangat termotivasi, serta peningkatan hasil belajar sebesar 0,67 dengan kategori sedang.

Downloads

Published

2021-11-22

Issue

Section

Pembelajaran Biologi