KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DALAM KONTEKS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES
Keywords:
Kemampuan pemecahan masalah, mahasiswa calon guru biologi, socio-scientific issues.Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu HOTs (Higher Order Thinking skills) yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa calon guru Biologi jenjang S1, sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh KKNI. Kajian deskriptif tentang kemampuan pemecahan masalah mahasiswa S1 calon guru Biologi dalam konteks socioscientific issues telah dilakukan berdasarkan pemahaman dan aplikasi masalah sosial-ilmiah dalam kehidupan sehari-hari. Sejumlah mahasiswa calon guru Biologi (n=74) dari perguruan tinggi negeri menjadi subjek penelitian. Tes diagnostik pilihan ganda berargumentasi yang tervalidasi digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Pada tahap awal penelitian, telah disiapkan satu set tes diagnostik 20 item soal terkait masalah kehidupan sehari-hari. Tahapan selanjutnya adalah pendefinisian kemampuan pemecahan masalah mahasiswa berdasarkan jawaban soal-soal tes. Pendefinisian kemampuan pemecahan masalah mahasiswa mencakup 4 aspek kemampuan, yaitu kemampuan mendefinisikan masalah, mengeksplorasi masalah, menentukan solusi alternatif, merencanakan tindakan solusi. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa kemampuan mahasiswa dalam aspek mendefinisikan masalah termasuk dalam kategori baik, tetapi kemampuan dalam mengeksplorasi masalah, menentukan solusi alternatif, dan merencanakan pemecahan, termasuk dalam kategori rendah. Temuan ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam upaya peningkatan kualitas proses perkuliahan, khususnya terkait dengan perkembangan kemampuan problem solving mahasiswa calon guru Biologi secara komprehensif.