KARAKTERISTIK DAN KELAYAKAN BUKU AJAR BIODIVERSITAS BERMUATAN KONSERVASI UNTUK MAHASISWA BIOLOGI
Keywords:
bahan ajar, biodiversitas, konservasiAbstract
Mata Kuliah Biodiversitas merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa jurusan Biologi Kurikulum MBKM 2020, sebagai penciri jurusan Biologi FMIPA UNNES sebagai universitas Konservasi. Bersama dengan mata kuliah umum Pendidikan Konservasi, MK Prodi Biokonservasi, mata kuliah ini akan memberikan bekal untuk mahasiswa agar dapat melakukan kegiatan menghargai dan melestarikan biodiversitas atau keanekaragaman hayati.Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan karakteristik bahan ajar Biodiversitas bermuatan Konservasi yang dikembangkan untuk mahasiswa biologi; dan (2) Menguji validitas bahan ajar Biodiversitas bermuatan Konservasi untuk mahasiswa biologi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengambangan (Research and Development). Prosedur pengembangan ini mengacu pada prosedur penelitian dan pengembangan menurut ADDIE yang memuat langkah-langkah pokok penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk. Prosedur pengembangan ini mengacu pada prosedur penelitian dan pengembangan menurut ADDIE yang memuat langkah-langkah pokok penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk. ADDIE merupakan model pengembangan yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluating (evaluasi). Analisis data karakteristik, dan validitas buku dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan membandingkan berdasarkan kriteria. Hasil pengembangan buku ajar Biodiversitas, mempunyai karakteristik kontekstual, bermuatan konservasi, dan dapat memotivasi mahasiswa untuk memahami isinya. Analisis validitas bahan ajar menunjukkan buku ajar Biodiversitas sangat layak untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku ajar Biodiversitas, mempunyai karakteristik visual gambar jelas, kontekstual/ faktual, penyajian sistematis, runtut, sederhana dan menarik, pembangkit motivasi dan bermuatan konservasi, dan sangat layak untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar.