PENGARUH INTERACTIVE E-MODULE BERBASIS MASALAH TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

Authors

  • Anisia Kholidah Universitas Negeri Semarang
  • Erna Noor Savitri Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Interactive e-module, Kemampuan pemecahan masalah, Minat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan interactive e-module berbasis masalah sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Pengambilan data dilakukan di SMP Negeri 1 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Non equivalent Control Group Design. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling, dengan analisis data akhir menggunakan t-test related, analisis data angket dan Ngain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan pembelajaran berbantuan interactive e- module berbasis masalah menggunakan aplikasi kvisoft
flipbook maker. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis t-test related yaitu nilai ????ℎi????????????g 6,56 > 2,01 ????????????????????. Besarnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran berbantuan interactive e-module berbasis masalah menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker dianalisis menggunakan n-gain yang mendapatkan nilai sebesar 0,33 pada kelas kontrol yang termasuk pada kategori sedang, dan nilai n-gain 0,71 pada kelas eksperimen yang termasuk pada kategori tinggi. Hasil analisis data penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran menggunakan interactive e-module berbasis masalah yang dikembangkan dengan aplikasi kvisoft flipbook maker pada minat belajar peserta didik selama 4 pertemuan yaitu
75,54% (baik), 78,80% (baik), 83,2% (sangat baik), dan 84,35% (sangat baik). Hasil rata-rata persentase tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran model PBL berbantuan interactive e-module berbasis masalah menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker yaitu 86,99% yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran model PBL berbantuan interactive e-module berbasis masalah menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker berpengaruh terhadap minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Downloads

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles