PENGUKURAN CRITICAL THINKING SKILLS SISWA MENGGUNAKAN FOUR-TIER MULTIPLE REPRESENTATION TEST

Authors

  • Syahnadin Nuridha Universitas Negeri Semarang
  • Risa Dwita Hardianti

Keywords:

Critical Thinking Skills, Four-Tier Essay Test, Instrumen Tes, Multiple Representation

Abstract

Salah satu kemampuan yang perlu dimiliki peserta didik pada pembelajaran abad 21 ini adalah berpikir kitis atau critical thinking skill dengan indikator antara lain: (1) memberi penjelasan singkat); (2) memiliki dasar dalam pengambilan keputusan); (3) menarik kesimpulan; (4) memberi penjelasan lanjut); (5) memperkirakan dan menggabungkan. Kemampuan tersebut tidak hanya perlu dilatihkan tetapi perlu diukur sebagai bagian dari evaluasi yang dilakukan guru. Umumnya, para guru belum memiliki alat ukur yang khusus digunakan untuk mengukur critical thinking skill peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji literatur-literatur tentang pengukuran critical thinking skill. Dari kajian berbagai literatur yang telah dilakukan, critical thinking skill dapat diukur dengan menggunakan instrumen tes berbasis multiple representation yang disajikan dalam bentuk four-tier essay test. Pengembangan four-tier multiple representation test diharapkan mampu mengukur secara obyektif critical thinking skill peserta didik.

Downloads

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles