UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 7 SEMARANG

Authors

  • Rita Diniati Universitas Negeri Semarang
  • Koko Supratiyoko

Keywords:

kreativitas, ketuntasan klasikal, prestasi, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (a) mendeskripsikan adanya peningkatan prestasi belajar dan kreativitas siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Semarang, dan (b) meningkatkan ketuntasan klasikal. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 7 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Ruang lingkup materi penelitian ini adalah Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Metode pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi dua siklus pembelajaran. Masing-masing siklus meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflecting). Subjek Penelitian adalah 33 siswa Kelas VIII B SMP Negeri 7 Semarang. Data diperoleh dari hasil nilai tes dan observasi produk hasil belajar siswa. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar dan kreativitas siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 yaitu 75,76%. Persentase meningkat pada siklus 2 menjadi 81,82%. Artinya, penerapan Model Problem Based Learning meningkatkan ketuntasan klasikal siswa Kelas VIII B di SMP Negeri 7 Seamarang.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles