PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains, Cahaya dan Alat OptikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar dan keterampilan proses sains (KPS) peserta didik dalam pembelajaran IPA menggunakan model Problem Based Learning pada kelas VIII A di SMP Negeri 8 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Data hasil belajar dan KPS melalui lembar observasi dan tes. Keterampilan proses sains yang diukur dalam penelitian ini meliputi keterampilan mengamati, mengelompokkan, mengajukan hipotesis, menginterpretasi data, merencanakan percobaan dan menyimpulkan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar dan keterampilan proses sains kelas VIII A mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan rata-rata nilai KPS dari 61,24 menjadi 75,63 dalam kategori baik. Peningkatan hasil belajar didapatkan skor n-gain sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersbeut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik.