PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA

Authors

  • Lailatul Magfiroh Universitas Negeri Semarang
  • Ella Ayuningtyas SMPN 2 Jati, Kudus
  • Erna Noor Savitri Universitas Negeri Semarang

Keywords:

iveworksheet, Problem Based Learning, keterampilan komunikasi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan liveworksheet. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII A SMP 2 Jati Kudus pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif dan kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh rata-rata indikator 18,3%, siklus II dengan rata-rata indikator 37,3%, dan siklus III dengan rata-rata indikator 63%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan liveworksheet dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles