COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK MATERI TATA SURYA

Authors

  • Anjar Winning Widyastuti Universitas Negeri Semarang
  • Ella Ayungingtyas SMP 2 Jati Kudus
  • Erna Noor Savitri Universitas Negeri Semarang

Keywords:

cooperative problem solving, problem based learning, penguasaan konsep, model pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep peserta didik pada pembelajaran IPA kelas VII melalui penerapan pendekatan Collaborative Problem Solving berbasis Problem Based Learning di SMP 2 Jati. Penelitian yang gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis penelitian kolaborasi dan dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dan dilaksankan dalam 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian terdiri dari 32 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan analisis data lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dan hasil penguasaan konsep peserta didik selama pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan hasil keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan pada setiap siklus antara lain pada siklus I sebesar 64,21% menjadi 79,125% pada siklus II, dan 87,5% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan colaborative problem solving dengan model pembelajaran problem based learning yang di dukung oleh Hierarki Konsep dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles