ExploraCell: Modul Terintegrasi Augmented Reality Materi Organel Sel untuk Menunjang Kualitas Pembelajaran IPA SMP

Authors

  • Inayah Universitas Negeri Semarang
  • Risa Dwita Hardianti Universitas Negeri Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Augmented reality, Kualitas pendidikan, media pembelajaran, hasil belajar

Abstract

Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan abad 21 membawakan manfaat kepada pembelajaran IPA. Berdasarkan pernyataan tersebut, artikel ini bertujuan untuk mengkaji implementasi media pembelajaran Modul IPA Terintegrasi Augmented Reality (AR). Metode yang digunakan untuk menulis artikel ini adalah kajian literatur dengan langkah-langkah sebagai berikut; merumuskan permasalahan terkait rendahnya kualitas Pendidikan Indonesia, menelaah potensi Modul terintegrasi Augmented Reality sebagai solusi permasalahan, merumuskan tahapan pembuatan modul, dan memberikan kesimpulan terkait ulasan dalam artikel ini. Augmented Reality digadang-gadang memberikan banyak pengaruh positif dalam dunia Pendidikan. Augmented Reality menyajikan visual dalam bentuk tiga dimensi menyerupai bentuk asli objek di dunia nyata. Atas dasar tersebut, AR cocok diterapkan dalam suatu media pembelajaran. Modul yang terintegrasi AR menawarkan berbagai manfaat dalam pembelajaran IPA di SMP. Siswa dapat mengalami pembelajaran yang interaktif, memperdalam pemahaman materi, dan belajar secara mandiri. Penggunaan AR juga dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA. Modul ini dapat diimplementasikan dalam lingkungan pembelajaran IPA SMP untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles