PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMP NEGERI 22 SEMARANG

Authors

  • Iqlima Ramiza Fauzi Universitas Negeri Semarang
  • Kusdiono SMP Negeri 22 Semarang
  • Arif Widiyatmoko Universitas Negeri Semarang

Keywords:

inkuiri terbimbing, kolaborasi, pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing siswa kelas VII A SMP Negeri 22 Semarang. Masalah pada penelitian ini adalah tingkat keterampilan kolaborasi peserta didik di kelas VII A yang rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kolaboratif dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus menggunakan prosedur penelitian dengan Model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat fase kegiatan, meliputi perencanaan (plan), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subyek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII A SMP Negeri 22 Semarang yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata keterampilan kolaborasi siswa pada siklus 1 sebesar 45% dengan kriteria cukup kolaboratif menjadi 71,67% pada siklus 2 dengan kriteria kolaboratif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VII A pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 22 Semarang.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles