Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning di SMP Negeri 20 Semarang

Authors

  • Rahma Wanti Buana Putri Universitas Negeri Semarang
  • Hernis Setiana SMP Negeri 20 Semarang
  • Erna Noor Savitri Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, literasi, literasi umerasi

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa melalui penerapan model problem based learning yang dilaksanakan di kelas VIIIE SMP Negeri 20 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan hasil tes kemampuan numerasi siswa. Data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, dimana indikator keberhasilan penelitian ini adalah adanya pengingkatan nilai N-Gain prestes postes kemampuan numerasi siswa selama pembelajaran setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh nilai N-Gain kemampuan numerasi siswa adalah 0,15 dengan kategori rendah, sikkus II meningkat menjadi 0,84 dengan kategori tinggi dan pada siklus III meningkat menjadi 0,87 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning mampu meningkatkan kemampuan numerasi siswa.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles