PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL REMAP TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA CANVA

Authors

  • Angga Sofyana Widyatama Universitas Negeri Semarang
  • Titien Supriyati SMP Negeri 2 Tengaran, Kabupaten Semarang
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Remap Teams Games Tournament, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dari penerapan model pembelajaran Remap Teams Games Tournament dengan media Canva terhadap pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dan langkah-langkah setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada kelas VII D SMP Negeri 2 Tengaran tahun ajaran 2022/2023 dengan 33 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari nilai pra siklus, siklus 1, siklus 2, dan lembar observasi motivasi belajar serta lembar angket tanggapan peserta didik. Berdasarkan data analisis N-Gain terhadap peningkatan hasil belajar diperoleh data peningkatan pada siklus 1 sebesar 0,32 dengan kriteria sedang dan siklus 2 sebesar 0,41 dengan kriteria sedang. Hasil analisis lembar motivasi belajar menunjukkan bahwa terdapat peningkatan, dimana pada siklus 1 memperoleh data N-Gain sebesar 0,31 dengan kriteria sedang dan pada siklus 2 memperoleh data N-Gain sebesar 0,72 dengan kriteria tinggi. Lembar angket tanggapan peserta didik juga menunjukkan persentase 89,30% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model remap teams games tournament dengan media Canva pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII D SMP Negeri 2 Tengaran.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles