PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP KELAS VIII MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

Authors

  • Ana Riyanti Universitas Negeri Semarang
  • Munjani SMP Negeri 30 Semarang
  • Parmin Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains, Getaran dan Gelombang

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi Getaran dan Gelombang. Indikator keterampilan proses sains yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: (1) Merumuskan hipotesis; (2) Menggunakan alat dan bahan; (3) Menyajikan data pengamatan; (4) Menganalisis data; (5) Menyimpulkan; dan (6) Mengkomunikasikan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 30 Semarang yang beralamat di Jalan Amarta Raya No.21 Krobokan Semarang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi keterampilan proses sains dan dokumentasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dibantu oleh observer dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif (menghitung hasil observasi keterampilan berpikir kritis) dan analisis data kualitatif (deskriptif hasil keterampilan proses). Hasil penelitian diperoleh bahwa siklus I rata-rata hasil keterampilan proses sains adalah 65,36. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil keterampilan proses sains adalah 86,98. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles