UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PBL DAN WINDOWS SHOPPING PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA KELAS VII

Authors

  • Helmi Auliya Universitas Negeri Semarang
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang
  • Elia Ling Ling Melati SMP N 2 Tengaran

Keywords:

Problem Based Learning, Sistem Tata Surya, Window Shopping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Bumi dan Tata Surya di kelas VII J semester genap Tahun Pelajaran 2022/2023 SMPN 2 Tengaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan model Problem Based Learning dan metode Window Shopping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas observasi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Data penelitian berupa ketuntasan hasil belajar diambil dari asesmen yang dilakukan diakhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 65,63 dan Siklus II sebesar 77,79. Ketuntasan belajar yang didapatkan adalah 34,37% pada siklus I, menjadi 81,25 % di siklus II. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan metode Window Shopping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi Bumi dan Sistem Tata Surya di kelas VII J SMPN 2 Tengaran.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles