PENERAPAN ALUR MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Aisyah Sri Wulandari Universitas Negeri Semarang
  • Rachayuni SMP Negeri 21 Semarang
  • Arif Widiyatmoko Universitas Negeri Semarang

Keywords:

kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar, alur merdeka belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil kemampuan berpikir kreatif peserta didik di kelas VIII SMP negeri 21 Semarang. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metode pembelajaran alur merdeka belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 21 Semarang. Strategi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian peserta didik kelas VIII-B yang berjumlah 33 orang, dengan 16 peserta didik laki-laki dan 17 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa dengan menggunakan metode alur merdeka belajar dapat dilihat bahwa nilai kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII-B pada tindakan siklus II mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan nilai pada pra siklus, yakni sebesar 42% dengan kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran alur merdeka belajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik di kelas VIII-B SMP Negeri 21 Semarang.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles