Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dengan Problem Based Learning Materi Tata Surya SMP Negeri 27 Semarang
Keywords:
Komunikasi, Problem Based Learning, Sistem Tata SuryaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik pada Materi Sistem Tata Surya di Kelas VII H Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 di SMP Negeri 27 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengaacu pada teori Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan pembelajaran di dalam kelas dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas observasi perencanaan, pelaksanaan, evalasi dan refleksi. Data penelitian yang didapatkan berupa ketuntasan dengan tes hasil kognitif dan lembar observasi di dalam kelas pada saat prosses pembelajaran di setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi peserta didik kelas VII H SMP N 27 Semarang pada materi sistem tata surya dari hasil lembar observasi pada siklus I menunjukkan rata-rata kemampuan komunikasi sebesar 76% dengan kategori baik sedangkan siklus II meningkat sebesar 84% dengan kategori sangat baik sehingga besar peningkatan antara siklus I dan siklus II sebesar 8%. Dengan nilai N-gain dari pra siklus ke siklus I sebesar 0,26 tergolong peningkatan rendah, sedangkan hasil n-gain dari siklus I ke siklus II sebesar 0,529 tergolong peningkatan sedang.