KOMPARASI MODEL PENSKORAN KLASIK PADA ESTIMASI OBSERVED SCORE SISWA

Authors

  • Rizki Nor Amelia Universitas Negeri Semarang
  • Anisa Ratna Nugraini
  • Kriswantoro
  • Dian Normalitasari Purnama

Keywords:

klasik, model penskoran, skor

Abstract

Masalah skoring masih menjadi isu yang relevan bagi pengukuran dan pengujian pendidikan karena perilaku guessing merupakan salah satu faktor yang berkontribusi pada skor yang dihasilkan, padahal idealnya skor tes haruslah sedekat mungkin dengan tingkat penguasaan testee yang sebenarnya. Untuk mengatasi hal tesebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasikan model penskoran klasik yang berbasis guessing (variasi 4 dan 5 pilihan jawaban) dengan model penskoran konvensional (number right scoring) terhadap estimasi observed score yang dihasilkan. Data yang digunakan adalah data simulasi yang dibangkitkan melalui software WinGen, dengan ukuran sampel 300 responden berdasarkan Item Response Theory 1-PL. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan model penskoran klasik yang berbeda ternyata tidak memberikan perbedaan yang signifikan dalam hal kesesuaian peringkat testee. Selain itu, karakteristik deskriptif dan karakteristik distribusi skornya juga tidak berbeda. Namun demikian, model penskoran berbasis guessing tetap dapat dipertimbangkan penggunaannya sebagai upaya pencegahan guessing mengingat tidak mungkinnya pembuat soal dalam membedakan jawaban benar berdasarkan penguasaan atau lucky guessing.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles