Pembelajaran Kooperatif-Jigsaw Berbantu Media Simulasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Peserta Didik VII-B SMP Negeri 3 Semarang

Authors

  • Rizqi Kurnia Safitri Universitas Negeri Semarang
  • Herdijanti
  • Erna Noor Savitri Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kooperatif, Jigsaw, Simulasi, Berpikir Kritis, Motivasi

Abstract

Pembelajaran kooperatif-jigsaw berbantu media simulasi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik VII-B SMP Negeri 3 Semarang pada materi Bumi dan Tata Surya. Desain penelitian menggunakan model penelitian tindakan kelas menurut Kurt Lewin yang meliputi empat tahap kegiatan utama pada setiap siklus meliputi: Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Action), Pengamatan (Observation), dan Refleksi (Reflection). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Semarang dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 32 peserta didik kelas VII-B tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji N-Gain pada hasil tes dengan instrument tes pilihan ganda beralasan dan hasil angket motivasi peserta didik. Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I memiliki skor N-Gain sebesar 0,39 dengan kategori sedang dan meningkat kembali pada siklus II dengan skor N-Gain sebesar 0,45 dengan kategori sedang. Sementara untuk motivasi belajar peserta didik pada siklus I memiliki skor N-Gain sebesar 0,42 dengan kategori sedang dan meningkat kembali pada siklus II dengan skor N-Gain 0,49 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka penerapan pembelajaran Kooperatif-Jigsaw berbantu media simulasi mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles