PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIORAMA KELAS VII SMP NEGERI 19 SEMARANG

Authors

  • Saidatul Ulfa
  • Sulistyorini
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Ekologi, Diorama, Pemahaman Konsep, PBL

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan berangkat dari hasil observasi dan wawancara terhadap rendahnya pemahaman konsep peserta didik di SMP Negeri 19 Semarang yang berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik dan guru berusaha untuk mengupayakan peningkatkan hasil belajar pemahaman konsep peserta didik di sekolah tersebut. Alternatif untuk mengatasi permasalahan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media diorama. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar pemahaman konsep pilihan ganda beralasan sebanyak 20 butir soal. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan langkah-langkah setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji ketuntasan klasikal, uji normalitas, uji paired sample t-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa peserta didik belum mencapai ketuntasan klasikal 75% yaitu hanya diperoleh sebesar 73%. Pada siklus II meningkat menjadi 100% melampaui ketuntasan klasikal 75%. Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran model problem based learning berbantuan media diorama dengan nilai masing-masing signfikansi two tailed siklus I dan siklus II sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan data analisis N-Gain terhadap peningkatan hasil belajar pemahaman konsep diperoleh data peningkatan pada siklus I sebesar 0,41 dengan kriteria sedang, mengalami peningkatan signifikan pada siklus II sebesar 0,73 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model problem-based learning berbantuan media diorama pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati di Indonesia efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar pemahaman konsep peserta didik kelas VII E SMP Negeri 19 Semarang.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles