PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING KELAS VIII D SMP NEGERI 41 SEMARANG

Authors

  • Siti Nur Ni’mah
  • Sukimin
  • Novi Ratna Dewi

Keywords:

Project Based Learning, Kreativitas, Cahaya dan Alat Optik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas peserta didik pada materi cahaya dan alat optic melalui model pembelajaran Project Based Learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 41 Semarang yang berjumlah 29 orang. Penelitian yang dilakukan ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data yang didapatkan dari penelitian ini diperoleh dari guru dan peserta didik. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan angket. Permasalahan yang didapatkan yaitu kurangnya kreativitas peserta didik pada saat proses pembelajaran, ketika mengerjakan tugas yang diberikan. Peserta didik lebih monoton dengan referensi yang hanya itu saja tidak mau untuk mengeksplorasi kembali. Permasalahan yang terjadi membuat peneliti untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam kreativitas peserta didik selama 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata peningkatan kreativitas peserta didik terjadi secara bertahap, untuk pra tindakan masuk dalam kategori kurang kreatif dengan presentase 49%, pada siklus 1 masih masuk dalam kategori kurang kreatif dengan presentase sebesar 53%, pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi kategori kreatif dengan presentase sebesar 79%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar peserta didik kelas VIII D di SMP Negeri 41 Semarang.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles