Penerapan Model Kooperatif Number Head Together berbantuan Classpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 19 Semarang pada Materi Tekanan
Keywords:
Model Pembelajaran, Number Head Together (NHT), ClasspointAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan minat belajar melalui media classpoint pada peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 16 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Room Assessment). Instrumen yang digunakan untuk mengunpulkan data adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran (aktifitas guru), lembar observasi, aktifitas siswa, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase hasil angket minat belajar peserta didik, sementara analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui hasil observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan media classpoint dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII G SMP N 19 Semarang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan tiap indikator minat belajar siswa yaitu indikator perasaan senang meningkat sebesar 4,04%, indikator perhatian meningkat sebesar 9,2%, indikator ketertarikan meningkat sebesar 4,53% dan indikator keterlibatan peserta didik meningkat sebesar 15,04%.