PENINGAKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIID SMPN 19 SEMARANG MATERI EKOLOGI MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE

Authors

  • Maratul Matsna
  • Rr Sulistyorini
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Socio-Scientific Issue

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diterapkan model pembelajaran problem based learning berbasis socio-scientific issue pada tema ekologi dan keanekaragaman hayati. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII D SMP Negeri 19 Semarang tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 32 peserta didik. Data dari penelitian diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dari 64,6% pada pretest menjadi 83,72% pada siklus I dan 91,68% pada siklus II. Berdasarkan hasil posttest siklus II sebanyak 84,37% peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis kategori sangat baik, 12,5% kategori baik dan 3,12% dengan kategori cukup baik. Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik terlihat pada indikator bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan, mengevaluasi, menganalisis argumen dan membuat kesimpulan.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles