PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Authors

  • Nur Aprillia Universitas Negeri Semarang
  • Kusdiono
  • Arif Widiyatmoko

Keywords:

Inkuiri terbimbing, Sikap Ilmiah, Sistem Ekskresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap ilmiah siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F semester genap tahun pelajaran 2022/2023 SMP N 22 Semarang. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa hasil sikap ilmiah siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari kegiatan pra siklus sebesar 63,7% menjadi 66,57% pada siklus 1 dan sebesar 70,63% pada siklus 2 dengan kategori baik. Kemudian pada setiap indikator juga mengalami peningkatan yaitu indikator rasa ingin tahu dari 68,52% pada kegiatan pra siklus menjadi 71,26% pada siklus 1 dan 76,81% pada siklus 2 dengan kategori baik. Indikator respek terhadap fakta atau bukti dari 55,21% pada kegiatan pra siklus kemudian naik menjadi 55,43% pada siklus 1 dan 59,51% pada siklus 2 dengan kategori cukup. Indikator kemampuan untuk mengubah pandangan dari 67,11% pada kegiatan pra siklus dan 68,94% pada siklus 1 kemudian menjadi 70,81% pada siklus 2 masuk kategori baik. Kemudian indikator berpikir kritis dari 60,2% pada kegiatan pra siklus menjadi 63,69% pada siklus 1 dan 67,94% pada siklus 2 masuk kategori baik. Peningkatan sikap ilmiah siswa melalui perhitungan N-gain diklasifikasikan masuk kategori rendah pada siklus satu yaitu sebesar 2,23 dan masuk kategori sedang pada siklus 2 sebesar 3,19. Sehingga disimpulkan bahwa terjadi peningkatan sikap ilmiah siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem ekskresi.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles