Review Artikel: Model Pembelajaran PjBL-STEAM berbantuan Canva pada Materi Energi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Authors

  • Alfiana Nur Rosita Mayanti Universitas Negeri Semarang
  • Arif Widiyatmoko Universitas Negeri Semarang

Keywords:

berfikir kreatif, Canva, Pembelajaran IPA, PjBL-STEAM

Abstract

Memasuki era revolusi industri 4.0 pada abad ke 21, perkembangan sains dan teknologi sangat pesat sehingga keduanya tidak bisa dipisahkan. Hal ini yang mengakibatkan adanya tuntutan didunia kerja dimana mengharuskan memiliki kemampuan yang dibutuhkan didunia kerja. Kemampuan utama yang ditekankan untuk menghadapi tantangan di abad 21 disebut dengan istilah 4C, salah satu dari kemampuan 4C yaitu berpikir kreatif. Pentingnya kemampuan berpikir kreatif ini sebagai persiapan nyata untuk menghadapi dunia kerja dan memudahkan dalam memahami pembelajaran. Pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning berpendekatan STEAM berbantuan Canva bertujuan untuk memberikan ruang bagi peserta didik supaya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Model pembelajaran PjBL berpendekatan STEAM ini mengarahkan peserta didik membuat suatu produk terintegrasi STEAM. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur dengan mengkaji berbagai literatur jurnal nasional dan jurnal international pada database (Google Scholar, Sience Direct, ERIC, dan Scopus) dan sumber-sumber ilmiah yang relavan. Berdasarkan tinjauan literatur didapatkan hasil bahwa pembelajaran IPA menggunakan model PjBL-STEAM berbantuan Canva dapat dijadikan alternatif solusi untuk meingkatkan kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles