PENERAPAN MODEL PBL-STEM MELALUI KEGIATAN FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA ABAD 21

Authors

  • Vanesa Enggar Sari Universitas Negeri Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari Universitas Negeri Semarang
  • Risa Dwita Hardianti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Literasi Sains, PBL-STEM, Field Trip

Abstract

Persaingan global menuntut siswa untuk mampu bersaing di kancah internasional, salah satu kemampuan yang perlu dimiliki adalah literasi sains yang baik. Namun kenyataannya kemampuan literasi sains siswa Indonesia masih sangat rendah sehingga permasalahan tersebut perlu untuk segera diselesaikan. Capaian pembelajaran IPA seharusnya mengedepankan kemampuan literasi sains dalam kegiatan pembelajaran karena literasi sains sangat penting untuk mengukur seberapa jauh siswa memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang berguna di masyarakat, serta mengukur kecakapan dalam menyelesaikan masalah secara kritis. Sehingga diperlukan model dan metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi rendahnya literasi sains siswa. Salah satu model yang dapat digunakan adalah Problem Based Leaning terintegrasi STEM dengan metode field trip. Penggunaan PBL-STEM diharapkan mampu mendorong siswa untuk menyelesaikan permasalahan kontekstual dengan memanfaatkan integrasi antar Science, Technology, Engineering, dan Mathematics. Sedangkan metode field trip memberikan kesempatan siswa untuk mengamati secara langsung permasalahan isu lingkungan yang sedang terjadi. Pengintergrasian antara PBL-STEM melalui kegiatan field trip dalam kegiatan pembelajaran IPA efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles