MODEL SIMULASI TEKANAN OSMOTIK DINDING SEL SEBAGAI INTEGRASI KONSEP HIDROSTATIK DAN SISTEM TRANSPORTASI AIR DALAM TUMBUHAN

Authors

  • Acep Musliman Universitas Indraprasta PGRI
  • Fitri Damayanti Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

Hidrostatik, ntegrasi konsep, Model simulasi, Osmotik

Abstract

Tekanan osmotik zat antar dinding sel adalah tekanan hidrostatik sebagai proses penting terjadinya pergerakan air melintasi dinding sel. Konsep ini sering dirasakan sulit dipahami oleh peserta didik karena bersifat abstrak. Untuk itu, melalui penelitian ini disajikan pemodelan tekanan osmotik zat dinding sel sebagai integrasi konsep tekanan hidrostatik dengan menggunakan simulasi berbasis digital. Pemodelan dilakukan dengan memperhatikan parameter sifat fisik dinding sel, seperti elastisitas dan porositas, serta pengaruh faktor eksternal antara lain konsentrasi zat terlarut dan suhu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pemodelan terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada konsep tekanan osmotik dan hidrostatik yang bersifat abstrak. Dilakukan ujicoba dan obeservasi pada mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Fisiologi Tumbuhan program studi pendidikan biologi yang telah mendapatkan perkuliahan Fisika Dasar. Desain penelitian quasi experiment menggunakan pre-test post-test non equivalent control group design, terdiri dari dua rombongan belajar sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pemodelan konsep dilakukan sebagai tindakan pembelajaran terhadap kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol dilakukan pembelajaran reguler. Setelah dilakukan proses pembelajaran, kedua rombongan belajar diberikan tes pemahaman konsep. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan paired t-test, n-gain, dan uji kesamaan dua rerata. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada peningkatan signifikan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa. Dengan demikian perkuliahan dengan media pemodelan pada konsep sistem transportasi tumbuhan efektif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles