PENGEMBANGAN MODUL AJAR MODEL GUIDED INQUIRY BERBANTUAN PHET SIMULATIONS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP

Authors

  • Dewi Anisa Sholekhah Universitas Negeri Semarang
  • Erna Noor Savitri Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Modul Ajar, Guided Inquiry, PhET Simulations, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis produk berupa modul ajar IPA berbantuan PhET Simulations untuk melatih keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Aspek keterampilan proses sains siswa yang digunakan dalam penelitian ini meliputi mengamati, mengelompokkan atau mengklasifikasi, menafsirkan atau menginterpretasi, meramalkan atau memprediksi, mengajukan pertanyaan, merumuskan hipotesis, merencanakan percobaan, menggunakan alat dan bahan, merencanakan konsep, dan berkomunikasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini meliputi dua dosen ahli media dan materi serta tiga guru IPA SMP/MTs dan 10 orang siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji validasi media dan materi modul ajar masing-masing memperoleh skor sebesar 97,50 % dan 95,71 % dengan kategori sangat layak.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles