PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM TEMA TEKANAN DI SEKITARKU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Achmad Nur Rochim Universitas Tidar
  • Eli Trisnowati Universitas Tidar
  • Siswanto Universitas Tidar

Keywords:

LKPD, STEM, Berpikir Kritis, ADDIE, Tekanan di Sekitarku

Abstract

Pendekatan yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa merupakan STEM. STEM membantu siswa dalam mempelajari dan menganalisis pembelajaran untuk mendukung dan mengasah kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan menganalisis kevalidan, efektivitas dan kepraktisan LKPD berbasis STEM tema tekanan di sekitarku untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam pengembangannya. Instrumen pada penelitian ini adalah angket ahli dan angket respon siswa terhadap LKPD. Subjek penelitian ini merupakan kelas VIII A SMP N 1 Mertoyudan. Penelitian ini menghasilkan perolehan rata-rata aspek kelayakan LKPD oleh ahli 0,91 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan dinilai melalui angket respon siswa diperoleh rata-rata presentase 88% dengan kategori sangat praktis. Efektivitas dilakukan menggunakan soal pretest-posttest dengan nilai N-gain sebesar 0,63 dan dikategorikan sedang serta effect size 2,63 dengan kategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah LKPD berbasus STEM tema tekanan di sekitarku layak digunakan, sangat praktis dan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles