ANALISIS KOMPONEN STEM DAN ESD PADA BUKU AJAR IPA

Authors

  • Anggun Zuhaida Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga
  • Ari Widodo Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Keywords:

Buku ajar IPA, ESD, STEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponen STEM (science, technology, engineering, dan mathematic) dan ESD (education for sustainable development) pada buku ajar IPA SMP kelas VII dan VIII yang disusun berdasarkan kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian analisis dokumen dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah buku ajar IPA kelas VII dan VIII SMP yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Komponen STEM terdiri dari science, technology, engineering, dan mathematic, sedangkan komponen ESD terdiri dari environment, social, dan economy. Dari hasil analisis komponen STEM dan ESD pada buku ajar IPA SMP menunjukkan bahwa komponen STEM yang dominan nampak pada buku ajar adalah komponen science karena pembelajaran IPA tidak akan terpisah dari kegiatan yang merupakan bagian dari metode ilmiah. Sedangkan komponen yang sedikit muncul adalah komponen engineering, hal tersebut dikarenakan masih kurangnya pengembangan kemampuan dalam melakukan rekayasa untuk menciptakan produk dan sistem berkualitas tinggi. Penelitian ini menjadi dasar untuk pengembangan buku ajar yang seharusnya mengandung komponen STEM dan ESD sesuai dengan tujuan kurikulum merdeka yaitu meningkatkan pemahaman siswa dalam melakukan rekayasa untuk pengembangan teknologi yang berkelanjutan.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles