INVESTIGASI TREN PENELITIAN PENDIDIKAN STEM: ANALISIS BIBLIOMETRIK DARI TAHUN 2018-2022

Authors

  • Arifin Septiyanto Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Rizki Maulana Ashidiq Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Eka Cahya Prima Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Riandi Riandi Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Keywords:

Analisis Bibliometrik, Pendidikan STEM, VOSviewer

Abstract

Pendidikan STEM telah menjadi tren utama di banyak negara di seluruh dunia. Pendidikan STEM telah berkembang secara beragam dengan menekankan kolaborasi interdisipliner, lintas domain, dan regional. Untuk memberikan sumber yang mendalam bagi para peneliti dan pendidik tentang pendidikan STEM, penelitian ini bertujuan untuk membuat analisis bibliometrik pada topik pendidikan STEM secara global menggunakan analisis karakteristik publikasi. Database yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Scopus dan didapatkan 1866 artikel dari tahun 2018-2022. Analisis bibliometrik dianalisis dengan menggunakan VOSviewer dan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil analisis bibliometrik menunjukkan bahwa So, W.W.M, merupakan penulis dengan jumlah publikasi terbanyak dan Chai, C.S., merupakan penulis dengan jumlah sitasi terbanyak pada topik penelitian Pendidikan STEM. Amerika Serikat adalah negara yang paling produktif dalam melakukan penelitian pada topik ini dengan 821 artikel. Jurnal yang paling berpengaruh dengan jumlah artikel terbanyak adalah International Journal of STEM Education. Literatur STEM utama dalam penelitian ini cenderung jatuh ke dalam kelompok besar seperti pendidikan STEM, STEM, dan Pendidikan IPA. Temuan ini menunjukkan perlunya studi multidisiplin dan lintas disiplin tentang penelitian STEM pada dunia pendidikan dan mengadvokasi dimasukkannya penelitian STEM di dunia pendidikan dari konteks geografis yang lebih luas.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles