PENGARUH MODEL SCIENCE INTEGRATED LEARNING (SIL) BERBANTUAN E-LKPD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI PESERTA DIDIK

Authors

  • Adilla Maulana Rifqi Universitas Negeri Semarang
  • Risa Dwita Hardianti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

E-LKPD interaktif, kemampuan kolaborasi, model Science Integrated Learing (SIL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pembelajaran Science Integrated Learning (SIL) berbantuan E-LKPD interaktif. Model pembelajaran Science Integrated Learning (SIL) dapat untuk kegiatan pembelajaran IPA secara kolaboratif di kelas yang dapat diterapkan media berupa Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) interaktif yang bisa memfasilitasi peserta didik untuk berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran. Uraian tersebut menjadi dasar dalam mengatasi rendahnya kemampuan kolaborasi peserta didik dengan pembelajaran Science Integrated Learning (SIL) berbantuan E-LKPD interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain true experimental dengan bentuk posttest-only control design. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling dan diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SIL dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Alur Merdeka. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan observasi dan angket. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi dan angket kemampuan kolaborasi peserta didik. Analisis data menggunakan uji-t dan Analisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kolaborasi peserta didik saat dihitung dengan uji-t diperoleh nilai thitung 5,23 > 1,67 ttabel yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran SIL berbantuan E-LKPD interaktif. Persentase skor akhir kemampuan kolaborasi pada kelas eksperimen adalah sebesar 79% dengan kategori baik dan kelas kontrol sebesar 67% dengan kategori baik. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan kolaborasi pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, walaupun keduanya berkategori baik. Simpulan penelitian ini yaitu model Science Integrated Learning (SIL) berbantuan E-LKPD interaktif berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles