KEEFEKTIFAN MODEL BRAIN BASED LEARNING MELALUI HANDS ON ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY

Authors

  • Angelina Amalia Putri Universitas Negeri Semarang
  • Erna Noor Savitri Universitas Negeri Semarang

Keywords:

brain based learning, self efficacy, kemampuan berpikir kritis, hands on activity

Abstract

Kompetensi peserta didik perlu ditingkatkan pada keterampilan abad ke-21 yaitu kemampuan berpikir. Kemampuan utama yang perlu ditingkatkan ialah berpikir kritis. Hasil observasi di MTs NU 19 Protomulyo menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik belum berkembang. Hal ini diakibatkan kurang tanggapnya peserta didik karena tingkat self efficacy yang kurang baik. Salah satu inovasi untuk memacu berpikir kritis yaitu inovasi model pembelajaran brain based learning (BBL) sebagai alternatif penyampaian materi melalui hands on activity (HOA). Penelitian ini bertujuan menganalisis keefektifan model BBL melalui HOA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self efficacy. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan bentuk nanequivalent control group design. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling didapat kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian melalui tes dan lembar observasi peserta didik selama kegiatan pembelajaran. Keefektifan pembelajaran menggunakan model BBL melalui hands on activity dianalisis menggunakan uji paired t-test, dan uji n-gain serta analisis lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis uji paired t-test didapatkan nilai sig. (0.000) < 0.05 artinya terdapat perbedaan signifikan pada penerapan model BBL melalui HOA. Hasil n-gain kelas ekperimen sebesar 0,4 dengan kriteria sedang, kelas kontrol sebesar 0,05 dengan kriteria rendah. Analisis hasil penilaian lembar observasi self efficacy menyatakan bahwa self efficacy mengalami peningkatan 92% pada pertemuan ketiga, disimpulkan bahwa penerapan model BBL melalui HOA efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik pada materi getaran dan gelombang.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles