PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN CRT (CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING) DENGAN ALAT EVALUASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL KESENIAN GAMELAN PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

Authors

  • Dinik Trisiani Siti Maskhanah Universitas Negeri Semarang
  • Astuti Budi Lestari
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Eavaluasi, Kesenian, Literasi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui alat evaluasi literasi sains berbasis kearifan lokal kesenian gamelan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E yang berjumlah 30 peserta didik. Data hasil observasi menunjukkan masih rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik di SMP N 28 Semarang. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Salah satunya adalah menggunakan pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching). Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan instrumen berupa alat evaluasi literasi sains berbasis kearifan lokal kesenian gamelan pada materi getaran dan gelombang. 1) Pada Siklus I penerapan model pembelajaran CRT memperoleh hasil belajar siswa dari 30 peserta didik diperoleh 19 yang tuntas dengan 63.3% dan 11 yang tidak tuntas dengan 36.7%. 2) Pada Siklus II diterapkannya pendekatan CRT dan diperoleh hasil belajar 30 peserta didik yang tuntas dengan 86.7%, dan 4 yang tidak tuntas dengan 13.3%. Dapat dikesimpulan bahwa penerapan pendekatan CRT pada pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik yang diukur menggunakan alat evaluasi berbasis kearifan lokal pada materi getaran dan gelombang.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles