IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII E DI SMP N 19 SEMARANG MATERI GETARAN GELOMBANG

Authors

  • Ai Rohaeti
  • Mur Sriyanti
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Inkuiri, Motivasi, Peningkatan

Abstract

Penggunaan gadget dalam proses pembelajaran memiliki dua arah implikasi yaitu implikasi positif berupa berbagai manfaat yang dapat membantu proses belajar mengajar menjadi labih baik dan efektif terlebih didukung dengan tersedianya berbagai fitur menarik dan tak terbatas pada gadget seperti internet dan beberapa aplikasi yang edukatif. Namun, penggunaan gadget yang terlalu bebas akan meningkatkan frekuensi ketergantungan peserta didik terhadap gadget dan berimbas kepada penurunan motivasi belajar peserta didik. Maka, penelitian tindakan kelas (PTK) ini ditujukan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E SMP N 19 Semarang. Implementasi penelitian tindak klelas (PTK) dilakukan selama 2 siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi disetiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dari siklus 1 dengan perolehan skor presentase motivasi belajar ditinjau dari seluruh indikator sebesar 75,5% dan siklus 2 85,1%. Hasil analisis n-gain menyatakan skor peningkatan pada siklus 1 adalah 0,3 yang terindiksi meningkat dalam kategori sedang dan siklus 2 sebesar 0,4 juga terindikasi dalam skor sedang. Dengan demikian, aka implementasi model pembelajaran Inkuiri terbimbing terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII E di SMP N 19 Semarang.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles