PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS RANKING ONE

Authors

  • Dwi Agus Sutomo Universitas Negeri Semarang
  • Suhartono
  • Arif Widiyatmoko Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Motivasi Belajar, Ranking One, Team Games Tournament

Abstract

Abstrak Tujuan dari kajian ini yaitu untuk menjelaskan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournamnet berbasis Rangking One dalam kegiatan belajar mengajar pada materi Tata Surya serta menganalisis motivasi belajar setelah diberi perlakuan games Rangking One. Pengambilan data menggunakan angket yang diberikan kepada murid dan observasi oleh observer. Artikel ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan data Kualitatif sebagai bahan analisisnya. Penelitian ini menggunakan dua siklus dengan 2 pertemuan di setiap siklus. Proses model pembelajaran Team Games Tournamnet berbasis Rangking One didapatkan hasil pada pra tindakan persentase motivasi belajar siswa sebesar 10,80% pada motivasi tinggi, 42,50% pada kriteria sedang, 39,20% pada kriteria Rendah, 7,50% pada kriteria sangat rendah. Hasil setelah diberi tindakan pembelajaran Team Games Tournamnet berbasis Rangking One pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 25,40% pada kriteria motivasi sangat tinggi, 32,30% pada motivasi tinggi, dan kriteria sedang sebesar 42,30%, pada siklus ke 2 mendapatkan hasil pada kriteria sangat tinggi sebesar 28,60%, pada kriteria tinggi sebesar 63,50%, pada kriteria sedang sebesar 7,90%. Dengan demikian hasil menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Team Games Tournamnet berbasis Rangking One dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMP 15 Semarang.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles